Nyinyiran Emak Emang Ngeselin


Pernah ga sih kalian ngerasa kalau kalian jadi anak ternyata suka bantah?

Atau pernah ga sih orang tua kalian bilang kalau “Anak muda sekarang susah banget dikasih tahu. Bantah mulu kalau dibenerin.”

Tapi dari sisi kita sendiri, kita enggak berniat bantah sebenernya. Kita hanya menyesuaikan tuduhan emak-emak yang kadang gak relate sama kehidupan jaman sekarang.

Misal yang gampang aja.

Sering gak sih emak-emak marah sama kita yang hp-an mulu, laptopan mulu, duduk doang. Apalagi pandemic gini yang banyak banget waktu dihabisin kalo enggak hpan mau gimana lagi?

Seolah-olah nih, apapun keluhanya-hp penyebabnya-olahraga solusinya.

Aku sendiri sering banget digituin sama emak, dan yah bantah juga. Kayak, “yah mak, kan kita sekolah daring, kalo enggak laptopan/hpan mau gimana? Kalo enggak duduk masa iya kita ngerjain tugas sambal skippingan? Mana apalagi sekarang buku udah jadi pdf, pake hp lagi. Ya giman akita gak hpan mulu?”

NIat kit aga bantah, karena tuduhan emak emang gak cocok sama keadaan sekarang yang mengharuskan kita gimana.

Nah kan bantah lagi kalo ternyata kita bantah.

Eh aku ding!

Emakku aja sering banget nyindir “Liat sekarang dunia kek gimana. Yang korona, yang banjir bandang. Orang dikasih tau suruh baik aja susah. Apalagi anak muda-- yang bantah aja kalau dikasih tahu.”

Dan juga, emak-emak yang sering banget bandingin masa mudanya.

“Dulu tu ibuk gak pernah bantah. Dikasih tau ya diem. Anak sekarang pada bantah semua. Padahal yang tua yang lebih tau, pengalamannya lebih banyak”

Kayak kita tuh berpikiran “Please mak, keadaan sekarang tuh bedaa sama dulu. Gabisa hal yang udah beda masa disamain. Tuntutan kita beda, peluang kita udah gak seluas dulu.”

“Liat tuh badan dah gede banget. Pipi tembem banget. Kerjaan tidur makan tidur makan” kata emak.

Pengen banget kita tuh ngasih tau ke emak kalau,

“Makk lagi pandem begini, ya gimana aku ga tambah gemuk? Orang dirumah aja kerjaannya. Ya giman aku gak banyak tiduran? Keadaan pandemic gini gitu mak dirumah aja. Gak ada aku mikir buat abis ini rapat disini, rapat di sana, ngerjain tugas ini di kosan siapa. Naik turun tangga nyari kelas. Gimana aku enggak lebih banyak ngabisin waktu buat tiduran dan nonton drakor coba?!”

Kesel ga sih kalau sering banget emak nuduh padahal keadaan ngarusin kita kayak gitu.

Emang, orang tua kadang marahin ke hal yang udah ga relateable dengan jaman sekarang, suka banding-bandingin. Tapi aslinya, wejangan orang tua memang benar kan?

Kita ga baik kebanyakan laptopan/hpan karena emang ga baik buat Kesehatan. Kita sekarang cuma hpan mulu jarang olahraga. (itu aku 😊 )

Dan kita yang bantah, walau sebenrnya ga berniat bantah.

Ngeselin, jujur aku juga ngerasa jengah kadang. Tapi mau bagaimanapun, orang tua tetap orang tua. Ga sepantasnya kita bantah atau yang sebenrnya ga berniat bantah tapi kayak bantah.

Beberapa orang mungkin gak sependapat denganku, tapi menurutku memang se-ngeselin apapun perkataan orang tua, gak benar kalau kita bantah.

Sepengen apapun buat bantah sebaiknya dipendam. Coba kita ulang lagi kata-kata emak dan filter lagi, meskipun tuduhan emak gak relate sama hiruk pikuk dunia sekarang, tapi sebenernya emak mau menyampaikan hal bai kapa ke kita?

Meskipun emak sering ngemengin hpan mulu/duduk dan jarang gerak mulu/laptopan mulu, meskipun ya mau giman lagi orang sekarang kehidupan kita gabisa lepas dari smartphone dan jarang gerak, tapi niatnya emak supaya kita jaga Kesehatan.

Kita filter kata-kata emak yang nyelekit ini jadi, suatu kata-kata himbauan supaya kita jaga Kesehatan. Kita ubah sendiri kalau, “oh iyaya Kesehatan ternyata penting. Kalau ternyata aku banyak hp-an gini, kalau pagi deh aku olahraga”.

Sulit, parah sulit banget. Akupun ngerasa gitu, pengen langsung bantah tuduhan emak. Kesel pengen marah detik itu juga. Gak sering juga kita nangis setelah  dinyinyirin.

Tapi teman, dunia ini bakal jauh lebih baik kalau kita juga bisa menerima dan berpikir jernih. Dunia ini bakal jauh lebih baik kalau kita gak memaksakan ego kita sendiri, dan cenderung untuk lebih rendah hati dengan orang-orang.

Katakanlah aja picik banget. Naif banget jadi manusia jaman sekarang masih mentingin kata-kata begituan. 2020 gitu polos banget jadi manusia masih berbuat baik.

Keadaan orang berbeda-beda, iya kamu sekarang, coba kalau kamu jadi aku. Yakin kamu bakal tetep bisa sabar?

Aku emang ga bisa ngerasain, toh juga gak ada orang yang bakal merasakan perasaan yang sama di dunia ini. Dunia ini bukan tempat untuk berlomba siapa yang paling sengsara. Dan kesengsaraan itu ga seharusnya jadi alasan kenapa kita ga mau berbuat lebih baik.

Dunia ini udah kalut banget ga sih? Maka itu, ga seharusnya kita juga ikut kalut. Let’s enjoy the nyinyiran emak, ambil makna yang pengen emak kasih tahu ke kita. Terus kita terrapin dengan keadaan kita sekarang.

Maka kalian juga akan ngerasa enjoy hidupnya.

Semangat dnegerin nyinyiran emak!

 


Komentar