RAMARAYA [CERPEN #2]


                


Rama terlalu lama hanya untuk sekedar mengambil uang di ATM. Apa dia terkena sindrom emak-emak yang super duper lama saat berada di dalam ATM? Oh ayolah, aku sudah tahu dari jaman orok, Rama bukanlah tipe lelaki yang amat sangat tajir, untukku. Sungguh padahal ia tahu, aku Raya wanita paling sabar dan kuat menghadapinya dari kecil hingga sekarang dia mampu duduk di jabatan tertinggi di perusahaan keluarganya. Tapi untuk pacar-pacar yang entah berapa ratus itu, segala macam barang dibeli.

                “Lo ngapain sih nyet lama banget? Ngepet lo didalem jaga lilin?”

                “Ayah telpon Bol, makanya lama. Kalo gue keluar malah bising, mending di dalem aja”

                “Ya tapi guenya kek orang bego nungguin elo”

                “Utututu, marah nih sama gue Bol?”

                Sejak masuk SMA pertumbuhanku benar-benar berhenti. Padahal ibu rajin sekali membelikanku dari mulai susu hingga obat peninggi badan. Namun, entah kenapa pertumbuhanku berbanding lurus dengan kemalasanku untuk berolahraga. Sebenarnya aku tidak terlalu pendek, namun jika aku disandingkan dengan Rama, entah kenapa aku sangat terlihat seperti kurcaci.

                Padahal dulu Rama yang seperti tuyul. Kecil, pendek, dan sangat cengeng. Tapi sekarang, entah kapan, kini dia adalah representasi dari pangeran di negeri dongeng. Kalau anak KPOP bilang sih mungkin seperti OPPA. Namun ya Tuhan, aku sangat berani bertaruh, Rama Tidak se Pangeran itu! Satu funfact untuk kalian semua para penggemar Rama, Rama sungguh sangat takut dengan tikus.

                Oke, kalau jijik sih semua orang sepertinya iya. Tapi dia berbeda. DIA BENAR_BENAR TAKUT DENGAN TIKUS. Bahkan pernah suatu hari dia sampai teriak dan berlarian keluar rumah hampir ditabrak mobil. Saking takutnya dia.

                “Masih sore ini Bol, ya allah lo kan bukan cewek baik-baik..”

                “… ADUH!! Sakit bego”

                “Ya lo kalo ngomong sembarangan. Siapa bilang gue cewek ga baik-baik?”

                “Ya elah, maksudnya ini baru jam 9. Jam pulang lo kan pagi, bukannya kudu lapor dulu 
sama Mami?”

                “Mami siapa?”

                “Ilih sok sokan lupa lo. Mucikari lah”

                “ADUH! Sumpah Rey lo mau kita mati sekarang?!”

                “Ya elo ngawur banget ngomongnya sebel gue”

                “Becanda Bol.”

                “Canda mulu, seriusin gue kapan?”

                OPPS!

                “Beneran mau gue seriusin? Ya kalo gue sih tinggal nunggu persetujuan lo aja.”

                Untuk entah sekian kapan lamanya aku bersahabat dengan Rama, hal yang masih aku beum bisa pahami dari dia adalah, hal ini.

                Oke, aku wanita. Please, meskipun aku tak ada feminism-feminimnya namun aku sejatinya masih wanita. Yang benar-benar menggunakan hatinya lebih banyak dari pada logikanya. Jadi untuk urusan hati, aku juga bisa leleh.

                Bertahun-tahun dengan Rama memang membuat aku benar-benar tergantung padanya. Rasa sayang dengan Rama memang sudah bukan rasa sayang abal-abal. Namun untuk jatuh cinta dengan Rama, aku tidak tahu. Karena memang aku belum tahu definisi dan rasa cinta seperti apa. Yang aku tahu, aku ingin selalu bersama Rama.

                Kalau jatuh cinta bisa diukur ketika aku sangat tidak suka Rama dengan mantan-mantannya yang berbodi gitar spanyol dan bermuka glowing, iya aku sudah jatuh padanya.

                Kalau jatuh cinta bisa diukur ketika aku sangat senang hanya dengan sapaan singkat Rama di pagi hari, iya aku sudah jatuh padanya.

                Kalau jatuh cinta bisa diukur ketika seluruh tulangku terasa lemas dan rontok saat Rama melakukan hal kecil seperti mengacakacak rambutku, iya aku sudah jatuh padanya.

                Namun, aku sadar. Rama selamanya tidak akan pernah menganggapku lebih dari sekedar teman. Iya, aku tahu dari sebagin teman lelakiku, bahwa kadang lelaki hanya ingin memiliki hubungan yang bukan seperti pacaran. Mereka hanya ingin berteman, yah membagi kisahnya dengan perempuan. Atau mungkin lelaki hanya ingin wanita tidak terlalu baper dengan apapun yang dilakukannya.

                Dan mungkin, Rama menemukannya padaku. Aku adalah pembohong terbaik, seharusnya aku dapat penghargaan. Karena bertahun-tahun sanggup untuk bersikap normal, biasa saja, atau bahkan menjaili Rama balik saat dia mencoba menggodaku. Padahal dalam hati, aku benar-benar sangat bahagia, dan melibatkan hatiku di dalamanya.

                Aku bisa merasakan dari tatap matanya, dan tindakannya. Dia tidak ingin merubah apapun dalam pertemanan kita. Dia benar-benar tidak ingin hubunganku dengannya berujung dengan hal yang mengerikan. Aku tahu, dia sayang padaku. Aku tahu dia sebenarnya tidak ingin melukaiku, dia benar-benar tidak ingin merusak apa yang sudah kami bangun dari kecil.

                Dilain hal aku benar-benar bahagia. Aku bukan salah satu bagian dari perempuan yang menjadi mainannya. Namun, bagaimanapun aku juga wanita. Sebentar lagi aku 27 tahun. Yah, kalian tahulah bagaimana menjadi wanita lajang yang cukup berumur di negeri kita ini. Dan bahkan diumur sekarang, aku masih benar-benar menginginkannya.

                Namun aku tahu. Itu tidak mungkin.

                Aku pernah berkali-kali mencoba menjalin hubungan dengan lelaki. Namun hatiku benar-benar menolaknya. Ya Tuhan, kalau Rama memang berjodoh denganku kenapa sesulit ini? Namun jika tidak kenapa aku masih menginginkannya?

                Seperti saat ini, perkataannya barusan, aku tahu dia hanya membual. Dia tidak melakukannya untuk yang pertama kali, namun berkali-kali pula aku harus meringis dan sakit saat dia bisa-bisanya tertawa saat aku benar-benar terluka.

                “Makasih” kataku saat sampai di depan gerbang rumah.

                “Bol. Lo beneran marah?”

                Kondisiku saat ini benar-benar buruk. Aku telah lelah menunggu Rama, ditambah lagi Rama membual hal yang membuatku marah, keadaan diperburuk karena aku saat ini sedang haid. Sungguh moodku benar-benar jelek saat ini.

                “Bol?” katanya yang saat ini kedua tangannya berpindah memegang sisi helmku.

                Entah seburuk apa moodku hingga air mataku bisa-bisanya jatuh. Hatiku benar0benar sakit saat Rama bercanda. Padahal sungguh, dia tidak melakukannya sekali.

                “Lo marah nungguin gue lama?”

                Bukan bego! Gue marah kenapa lo ngelakuin ini ke gue? kenapa sih kita gak bisa lebih dari teman? Lo anggep gue apasih?

                Gila. Bisa-bisanya aku terisak. Aku  benar-benar tidak bisa menjelaskanny pada Rama. Mungkin besok aku akan menghindarinya. Iya.

                Jujur, aku tidak bisa jauh dari Rama. Apalagi marah dengan Rama. Marah mungkin hanya sekedar kesal, namun aku tak akan bisa betah jauh darinya. Tapi bagaimana? Bagaimana aku bisa meneruskan hidupku? Aku juga ingin memiliki suami yang menyayangiku, dan anak yang lucu-lucu. Aku juga memimpikan keluarga kecil yang bahagia.

                “Bol, maafin gue ok? Gue bener-bener gak kerasa lama saat telponan sama Ayah.”

                Dia lantas memelukku. Hal ini juga bukan hal pertama yang kami lakukan. Tapi entah kenapa moodku benar-benar jelek saat ini.

                Aku menangis semakin kencang.

                Hatiku benar-benar seperti tercabik-cabik rasanya.  Ya Tuhan.

                “SShhh” katanya menenangkan sambil menepuk pelan punggungku.

                “Bol. Udah dong jangan nangis lagi. lo lagi haid ya? Sumpah gue gak sengaja tadi biarin lo sendirian.”

                Bukan itu bego!

                Setelah 5 menit di luar dan mungkin 3 menit aku berada di pelukan Rama, aku berhasil menghentikan tangisanku. Dan aku memutuskan untuk masuk kedalam rumah. Rama masih menungguku hingga masuk ke dalam. Aku cukup kaget setelah masuk gerbang, abangku rupanya sudah berdiri disana. Entah sejak kapan. Yah, abangku satu-satunya orang yang tahu bahwa aku menyukai Rama lebih dari sahabat.

                “Kok bego lo gak pernah surut sih dek? Sumpah y ague bener-bener ga betah sama Rama yang gak bisa sadar sama perasaannya.”

                “SStttt. Abang kenceng banget sih. nanti kalo Rama denger gimana?”

                “Bodo amat. Sumpah dek gue bener-bener gatel banget. Gue yang ngomong atau lo yang ngomong?”

                “Jangan aneh-aneh deh bang.”

                “Ya lo cewek dek, udah mau 27 masih aja suka sama si brengsek satu itu. “

                “Abang udah 30 lebih juga belom nikah.”

                “Ya abang kan cowok.”

                “Udah ah, kenapa jadi bahas gender sih. aku mau masuk.”

                “Dek, sebelumnya maafin gue ya. Gue bener-bener mau yang terbaik buat lo. Gue minta ijin lo untuk ngelakuin apapun buat Rama.”

                “Abang jangan!”

                Aku berani berteriak, karena Rama sudah pergi beberapa detik yang lalu, terdengar dari deru motornya.

                “Ya gimana lagi. siapa coba yang tahan liat lo murung terus gini? Please ya? Atau lo yang bilang?”

                “Gak ah. Rama gak mau ngerusak hubungan kita.”

                “Dek, lo udah gede. Bukan remaja labil. Umur lo juga udah mateng. Lo harus bisa bikin pilihan, bilang ke Rama kalau lo gabisa terus di giniin. Ungkapin perasaan lo sama Rama. Kalau Rama menanggapinya positif ya bagus, tapi kalo Rama-“

                “-Rama gak mau lebih dari sekedar temen bang.”

                “Lo tahu dari mana? dia bilang?”

                Aku hanya diam.

                “Bilang aja dek. Gue gak nyuruh lo nembang sib ego. Bilang doang kalo lo suka sama dia. Dan lo gabisa di buat mainan terus.”

                “Raya gak pernah dimainin sama Rama.”

                “SI bego! Ya kalo ga dibuat mainan kenapa lo diajakin keluar terus dielus-elus palanya, di antar jemput? Tapi dia masih punya cewek? Mikir dong! Duh gue tahu lo pinter, tapi buat urusan cinta lo bener-bener bego sumpah!”

                “Ih banag jahat banget bilang gue bego berkali-kali.”

                “Ya elu emang bego! Besok. Gue tunggu reaksi lo gimana. Kalo enggak, gue bener-bener minta ijin untuk melakukan hal apapun sama Rama.”
               
                Hebat. 3 hari ini aku bahkan tak menemui Rama. Bagaimana bisa aku bilang ke Rama kalau aku menyukainya. Abangku benar-benar tolol!
               
Berkali-kali juga Rama meneleponku. Mungkin dia masih berpikiran aku marah gara-gara insiden ATM. Kenapa semua orang jadi bego sih?
                
Hari Minggu ini, Ibu, Bapak, dan abangku sedang keluar kota  kerumah Tanteku. Sudah kubilang aku cukup handal dalam berbohongkan? Aku beralasan punya kerjaan yang amat banyak, dan abangku sepertinya mengerti aku bahwa aku sedang tidak ingin memasang muka baik-baik saja didepan seluruh keluargaku.

                “TOK TOK TOK”

                Siapa lagi ini? Tidak bisakah aku menonton film dengan tenang?

                Aku hampir terjungkal saat membuka pintu. Satu-satunya orang yang selama 3 hari ini berhasil membuat aku seperti boneka puppet. Otakku, ragaku, semua seolah dimiliki olehnya. Aku tak bisa melakukan hal dengan tenang hanya karenanya. Ya Tuhan, kenapa disaat aku benar-benar sudah tenang dia kembali?

                Tanpa aba-aba dia memelukku. Rama tolong, hati gue bego!

                “Ram, lepas.” Kataku bergetar hampir menitihkan air mata. Ya siapa coba yang nggak baper dan ingin nangis?

                “Kenapa gak pernah bilang?”

                “Maksud lo?”

                “Ray, sorry kalo gue brengsek dan bego. Tapi dari dulu sampai sekarang gue bener-bener gak suka liat lo sakit dan nangis. Kalo selama ini lo sakit dan nangis gara-gara gue, gue harus nonjok diri  gue berkali-kali Ray.”

                Oke. Jadi apa maksudnya ini?

                Apa jangan-jangan abangku sudah-

                Tidak. Abangku benar-benar tidak setolol itu kan?

                Oke. Tenang Reya, ini hanya pelukan Rama. Ini bukan pertama kalinya kamu dipeluk erat oleh Rama. Saat Rama perhasil menang atas vendor perusahaannya dia bahkan memekik girang dan memelukmu sampai kamu bahkan ingin mati kehabisan napas.

                Oke, jangan menangis sekarang, tolong Reya tololnya jangan diliatin ke Rama please.

                “Maksud lo?”

                Sial! Aku berucap saja bergetar, mungkin sebentar lagi, tinggal menunggu hitungan detik air matakku bakal turun, banjir deh kayaknya.

                Rama lalu menguraikan pelukannya dan menatapku lekat.

                “Jangn gini Ram..”

                Kataku lemah dan menunduk. Iyalah siapa juga yang tahan sama tatapannya Rama.

                “Rey tatap aku.” Katanya tegas. Oke, aku tahu bahwa sekarang Rama sedang benar-benar tidak bercanda.

                Dia kemudian mengusap air mataku yang jatuh entah kapan, yang bahkan aku tidak sadar.

                Aduh deh Rama bener-bener sialan. Dia gak tahu jantungku udah bener-bener meledak apa?
                Aku cukup kaget saat sebentar menatap muka Rama. Ternyata ada lebab di sudut bibirnya. Rama bukan orang yang suka berkelahi, yah kecuali dengan ceweknya kalau dia ketahuan selingkuh. Tapi apa iya pukulan wanita bisa bikin mukanya lebam separah ini?

                “Pacar lo anak bela diri?” Tanyaku polos.

                “What?” tanyanya balik.

                “Bibir lo lebam. Lo ketahuan nyelingkuhin atlet bela diri?”

                Tahu reaksi dia bagaimana?

                Tertawa saudara-saudara.

                “Rey, kayaknya emang aku gak akan bisa romantis kalau di depan kamu.”

                What? Kamu? Sejak kapan dia merubah kata-katanya. Biasanya juga Cebol.

                “Reya, dari dulu sampai kapanpun kamu adalah orang yang punya posisi terbaik di hatiku. Tanpa status apapun kamu adalah satu-satunya wanita yang benar-benar udah ngisi sebagian hati aku. Aku aja yang bego Rey baru nyadarinya sekarang. Kenapa kamu gak bilang kalau kamu suka bukan hanya sekedar sahabat ke aku?”

                KAN! ABANGKU MEMANG TERLAKNAT!

                “Jangan marahi abang kamu. Ini bukti abang kamu benar-benar sayang sama kamu.” Katanya sambil menunjuk lebam di mukanya.

                “Ini abang yang bikin?”

                “Iya.”

                “Kok abang jahat sih?”

                “Rey, bukan abang yang jahat. Tapi aku. Aku yang selama ini bikin kamu nangis kan? Jujur Rey, tanpa status apapun kamu udah permanen di hati aku. Aku Cuma gak mau kamu dapetin orang brengsek macam aku, tapi aku malah ngekang kamu dan bikin kamu sakit. Maafin aku Rey, oke?”

                Bah! Air mataku jatuh sudahh.

                Drama, drama kau sekarang Rey. Tak lama kemudian Rama memelukku lagi. Aduhai, emak asik benar ya peluk-peluk cewek?

                “Jahat lo! Sumpah gue sebel sama lo!” Kataku sambil memukul-mukul dada Rama.

                Kok aku dangdut banget sih?

                “Iya iya, aku jahat. Udah diem dong, lagian kamu gak bilang kalau suka aku”

                “Ya malu lah bego! Masa iya gue yang bilang. Mana cewek lo tipe-tipe gitar spanyol semua. Gue? kecil, mungil, gak bebentuk macam cimol.”

                “Siapa yang bilang?”

                “Ya emang gue bisa sebrani itu? Lo kan tahu gengsi gue setinggi apa. Nanti kalo lo tolak, gue gak ada temen buat makan kuaci sambil ngupil. Atau kebiasaan buruk gue. kan yang tahu Cuma lo doang.”   

                “Emang gak boleh ada yang nemenin lo makan kuasi sambil ngupil kecuali gue atau abang lo.”

                “Hmm?”

                Aduh, otak pentiumku benar-benar harus di service.

                “Abang lo bilang, kalau gue Cuma bisa nganggep lo temen. Tau dari mana?”

                “Ya.. itu..”

                “Dari mana? Ipul si tukang gossip kantormu?”

                “Ya nggak lah, Ipul mah isi mulutnya air comberan doang. Mana bisa dipercaya.”

                “Trus?”

                “Ih, ya pokoknya tahu. Banyak nanya kayak Dora.”

                “Denger ya Rey, denger baik-baik. Awalnya aku memang menganggap begitu. Aku benr-bener gak bisa jauh dari kamu. Kamu udah permanen di hidupku, dan ketika kamu gak ada, aku bener-bener gak bisa bayangin gimana hidup aku selanjutnya. Namun, setelah aku pikir lagi, aku lebih gak bisa hidup kalau kamu dimiliki oleh orang lain selain aku. Aku bener-bener gak akan bisa liat kamu tersenyum ke cowok lain. Enggak, kecuali abang dan Bapak kamu.”

                “Aku bahkan udah mikirin ini jauh sebelum abang kamu nonjok kamu. Dan kamu masih ingat pernyataan aku kalau aku bakal seriusin kamu pas kita pulang dari ATM kemarin?”

                Aku Cuma mengangguk sambil berpikir sejenak.

                Ehm, oke, aku ingat.

                “Aku gak main-main Rey. Aku benar-benar nunggu persetujuan kamu.”

                “Kapan? Lo aja gak pernah nawarin ke gue.”

                “Eh iya sih.”

                DUK

                “Aduh..”

                “Tuh lo kan yang tolol..”

                “Iya iya, kamu kejam banget ke aku.”

                “Ih Ram, gak usah dangdut deh panggil aku-kamu an. Geli sumpah!”

                “Gak, kita harus biasain. Karena bentar lagi kita bakal nikah”

                Wait.

                WHAT?

                NIKAH?

                “Apa?!”

                “Stttt. Biasa aja kali sayang.”

                Sumpah aku benar-benar ingin menyumpal mulut Rama dengan tusuk konde nenekku. Tadi aku-kamu, sekarang sayang. Sumpah geli banget.

                “Aku udah bilang ke Bapak Ibu kamu kok. Dan abangmu, oke dia keliatannya agak gak percaya sama aku. Tapi, gapapa bukan abang kamu juga yang mau aku nikahi. Rey, kamu tahu aku kayak gimana. Kebiasaan aku, jeleknya aku, dari bangun tidur sampai tidur lagi, aku sukanya apa, gak sukanya apa. Intinya kamu mengetahui aku lebih dari aku. Aku, Rama, benar-benar ingin memilikimu seutuhnya, aku ingin menjaga kamu lebih dari hanya sekedar menemanimu makan kuaci sambil ngupil. Reya, mau kan nikah sama aku? Kamu percaya kan sama aku?”

                “Bisa gak sih gausah ada upil sama kuacinya?”

                “Udahlah Rey ribet amat.”

                “Ih gamau!”

                “Jadi, kita nikah atau aku pergi?”

                Sialan. Entah dari dulu aku memang sangat susah untuk menang melawan Rama.

                “Nik.. nikah..”

                “Apa? Aku gak denger.”

                “Nikah.”

                Dia tersenyum lalu memelukku, lalu menggoyang-goyangkan pelukan kami kekanan dan kekiri.

                Aishh, senangnya.

                “Katany minta nikah sama gue. kok gak bilang cinta?”

                “Harus, bukanya semua udah jelas?”

                “Ya gak lah. Ih namanya cinta juga diucapin. Gimana gue bisa percaya?”

                “Hmm, Reya I love you, aku Rama benar-benar mencintai kamu sampai aku sendiri gak menyadarinya. Kalau mencintaimu bisa dikuru lewat aku tak ingin kehilanganmu, aku selalu ingin bersama kamu, iya aku benar-benar jatuh cinta sama kamu. Oke?”

                Akupun tersenyum bahagia.
               

                SELESAI.


                “Rey, udah jam 11 lo. Pulang kantor sana. Lo tuh, divisiniya apa tapi mainnya nulis mulu.”

                “Iye bentar napa sih Din. Gue lagi bikin cerita happy ending nih, duh baper banget gue sama tulisan gue sendiri.”

                “Nyadar woy! Lo tuh dimana. Di Bumi, mana ada kisah macam dongeng gitu?”

                “Napa sih sensi mulu.”

                “Ya ini kantor udah tutp dari jam 8. Gue nungguin lo yang ngayal mulu dari tadi!”

                “Iya ya gue pulang. Ribet amat jadi cowok, gentle dikit dong, nunggu cewek aja crewet banget lu.”

                “Lo pulang atau gue kurung disini.”

                “Ih bahasanya kurung-kurungan. Please bang, adek masih kelas 2.”

                “REY!”

                “Nggih ndoro”




                BENAR-BENAR SELESAI.   

Komentar