Soal Susah Itu, Disenyumin Aja. Kek ke People We Can't Have


Aku punya ritual saat ujian. Bukan ujian hidup. Tapi ujian ngerjain soal kek biasanya. Enggak tahu kenapa, mungkin karena udah dari orok, lambe turahku ini selalu saja nyerocos tanpa batas. Apa aja dikomentarin. Termasuk juga soal-soal ujian.

Entah kenapa ya, ujian itu, selalu aja sulit. Padahal kita udah belajar semaleman, mati-matian, gak tidur, sholat jadi rajin tepat waktu, dzikir setiap habis sholat, sholat dhuha dikencengin, sholat tahajud dipaksain, pokoknya kalau ada ujian aja kita tuh bener-bener mengerahkan segala uasaha. Nah ini ni, mungkin yang menghalangi mudahnya menjadawab soal dalam ujian, karena emang kita gak tulus beribadah semata-mata karena Allah ta’ala.

AZEKKKK

MOTIVESYEN BANGET DEH AKU.

Apalagi sekarang aku udah bukan ana sekolah lagi, anak kulyah mamen! Dimana banyak anak-anak sekolah tuh ngeluh, sambat, iri sama anak kulyah.

“Enak ya kalo kuliah belajarnya yang sejurusan sama dia. Jadi bias focus.”

LAMBEMU NDUK!!

RENE-RENE TAK TAPUK LAMBEMU!

Kau kira ujian disini masih bias kek SMA yang colak-colek sambalado bakal ngasih jawaban? Bikin note kecil bakal berguna seharian?! BIG NO ADIQ ADIQ Q TERCWINTAH!

Kulyah emang bener-bener mengharuskan kita buat mandiri. Dengan usaha sendiri. Ya lo ujian gabisa ya mampus! Mungkin sebagian jurusan dan universitas berbeda. Tapi khususon jurusan dan universitas gue bener-bener anti banget yang namanya gak jujur waktu ujian. Bener-bener kau berdikari dengan jiawa raga yang kau punya. Mau kau jawab apapun soal itu, bahkan dosenmu bodo amat. Yang penting jawabanmu kudu bener sesuai dengan kriteria dosen-dosen QTA tercwintah.

Ohya, kayak ujian kalkulus aku kemarin. Sebenernya gak kalkulus aja. Tp yah, hamper semuanya. 

OMEGOT! LO TUH NIAT KULYAH GAK SIH TA?

Iya lo, kalkulus itu bener-bener mata kuliah setan! Sumpah! Sebel banget etdah! Yang dipelajari di kelas gimana, yang keluar gimana. Mungkin sama aja kali ya, cuman nih, karena udah tegang duluan mungkin otak superiorku ini gak bias mencerna tiap aksara dalam soal kalkulus. Burem semua, gak jelas, gak tahu maksudnya apa, gak tahu mau digimanain lagi.

Tapi, kayaknya kalau gitu, gak mungkin semua orang sambat akan soal kalkulus kan? Berarti emang soal kalkulus itu soal setan bener! Gak ada malaikat-malaikatnya. Bonus kek satu, apa gitu yang gampang satu. Enggak Boy! Berasa kau baca soal langsung katarak otak. Gak bias mikir apa-apa lagi. 

Mau colak-colek sambalado juga gimana, orang temen kanan kiri pasti juga sambat again. Hadeuh.
Jadi, selama aku ngerjain soal itu, aku cuma bias pasrah. Tiap aksara yang aku tu;is berasa doa-doa yang kupanjatkan pada Tuhan YME agar nilaiku tidak membuatku mengulang saja. Agar tiba-tiba meski aku gabisa ngerjain dengan mix kekuatan antara kekuatan bulan-rasenggan-dan kameha-meha, nilaiku langsung auto A.

A-hahaha kasihan banget:”””

“Ya allah, maafkan aku ya Allah. Astaghfirullah hal adzim, ampunilah dosa pembuat soal, penggarap soal, dan, pengawas ruangan ya Allah. Inget Ta, ini gak dibawa mati. Ini hanya urusan dunia. Habis ini sholat yang rajin ya, tepat waktu, Sholat tahajud di kencengin lagi.”

Tiap ngerjain kalo udah putus asa gitu. Tiba-tiba aja gue langsung ingat mati ingat sakit, ingatlah saat kau sulit, ingat-ingat kalkulus duduk pitakon kubur.
Tapi sebelum itu pasti, ritual pertama yang bakal aku lakuin ada.

MAKI-MAI SOAL SAMPE MAMPUS! BERHARAP KETEMU JAWABAN TAPI NIHIL!

“Co*, ki soal model opo sih? Ntut ntut! Ki akune sing goblok opo ancen soale sih sing angel? Ya allah, ki sumpah soal gak iso digarap. Soal model setan! Cu* rapeduli aku s*, bah aku entuk piro, radadi pitakon kubur cu*!!”

Ya kurang lebih kayak gitu. Tiap soal yang sangat buatku frustasi, dan bikin aku selalu mai-maki. Padahal kita seharusnya beristighfar dan disenyumin aja soalnya kek ke people we can’t have.

EAKKKK


Komentar