Kuli Primitive

Rabu 15 Maret 2017
Haii!!!
Wah udah main 2017 aja nih. Happy New Year!!
Selama itu jug ague gak nulis blog beberapa hal oatut untuk gue ajukan ke dalam cerita gue ini.
Minggu kemarin. Jaksa Agung dari Jakarta baru aja dating ke sekolah gue. Wuahh! Hebat kan.
Bukan.. bukan karena kita minta-minta sumbangan. Atau karena salah satu teman gue kedapatan nyuri kambing kutil dari rumah si jaksa, tapi karena Pak Jaksa Agung itu adalah alumni dari SMA gue
Tepuk tangan yang meriah!!! *prokprokprok*
Nah jadi seharian itu Alhamdulillah terdapat beberapa guru yang tak patut untuk dicontoh tapi patut
untuk diapresiasi dan diperjuangkan. Bapak ibu guru sekalian beberapa ada yang tidak masuk kelas. Jadi  itu bener-bener gak boleh dicontoh. Sehingga kelas jadi kosong dan semua murid bergembira . nah itu baru patut di apresiasi dan diperjuangankan. MANTAP!!
Kata dari awal mulut berkata. Pak Jaksa datangnya itu Senin. Sontak para anak-anak berjingkat tak mengira. Namun takdir berkata lain bahwa si Pak Jaksa bakal dating hari Kamisnya. Lo tau datengnya kapan? Jam 1 siang. Sedangakan pulang gue kapan? Jam 12 siang. Alhasil menyita ruang lingkup kami untuk mengobservasi kehidupan mimpi kami yang berturnal-turnal ini.
Meskii hati gue mencelos. Tapi gue berfikir. Ah gapapa deh. Siapa tau tuh Jaksa bawa pangeran-pangeran ganti dari Zimbabwe.
Sebenernya persiapannya itu udah dari hari Selasa. Bahkan selama hari selasa itu full of jam kos. Kehidupan mulia kita udah gak mitos lagi deh. Kita akhirnya bisa bernafas selega-leganya untuk melakukan kehidupan anak-anak STM.
Di hari H nya. Pak Jaksa tiba tuh. Pas banget pukul 1 siang. Gue kirain bakal molor. Yah lo tau kan pejabat-pejabat tinggi gitukan kerjaannya banyak banget. siapa tau lagi sibuk. Ternyata tepat pas. SAlut gue buat pak Jaksa! *prokprokprok*
Gue duduk dibarisan belakang. Maklum gue bukan tipe-tipe anak malaikan yang rajin tanya plus merhatiin ceramah motivasinya Pak Jaksa. Gue duduk bareng anak-anak tipe STM.
 Selama masing masing petinggi ceramah gue sama temen gue sibuk banget ngalungin hadiah istimewa ke cantolan sabuk mereka. Ada yang gue cantolin daun kertas, plastic, dan kardus air. Tapi gue sedikit-sedikit mendengarkan ceramah yang mereka sampaikan.
Saat Pak Jaksa mulai melakukan sesi penceramahan temen-temen semua pada sorak riuh. Smasa udah ngeluarin jargonya. Tapi selama apapun Pak Jaksa ceramah. Sumpah gue aja gak tahu mukanya Pak Jaksa sendiri itu kayak gimana. Apakah dia tua atau muda. Brengosan atau enggak. Karena sedari gue duduk tadi, pandangan gue selalu terbatasi dengan gantuangan banner entah apa itu namanya.
Disela Pak Jaksa ngasih ceramah tiba-tiba guru gue dateng. Si Ibuk tadi nyuruh gue dan temen gue untuk bantuin ngebersihin setelah acara ini selesai. Awalnya sih rasanya Ah kok gue. tapi karena hati nurani gue prosentasenya lebih banyak dari hati jelek gue. akhirnya dengan senenag hati gue menerimanya.
Nah gue lapor deh sama temen-temen gue yang mau. Dari 36 anak yang gue kasih tau buat bantuin. Hanya ada 2 orang yang mau bersedia jadi relawan gue. setiap gue kasih tau 
“Woy nanti kita disuruh ngebantu ngembaliin buku perpus yang dibuat pajangan” mereka hanya memandang gue dengan pandangan nanar. Seakan mereka bilang 
“kasihan banget sih jadi kuli”
Tapi gapapa. Mungkin mereka punya kesibukan lain. Atau ada yang udah dijemput. Hanya Gue, Andin, dan Prita. Tiga orang idiot. Yang sangat bersedia menjadi kuli sementara. Se enggaknya kita itu melatih pengalaman kita. “Bagaimana menjadi kuli yang baik dan benar”
Setelah acar selesai. 3 idiot ini mulai menjalankan aksinya. Awalnya sih kita berpikiran mau menjalankan misi ini karena kita kelaparan. Karena tadi anak-anak hanya dikasih kacang rebus, sama pisang semi sukun. (karena sumpah itu pisangnya pisang yang masih muda banget. bahkan waktu kita bagi dua aja bentuknya udah mirip kayak sukun. Putih-putih banget)
Setelah gue coba ngusungin tuh buku ke perpus. Tiba-tiba perpusnya tutup. Alhasil kita kembali ke kebawah. Kita kembali menyari Bu Nur Sayekti. Ternyata Bu Nur berada di ruang konsumsi guru. Entah karena kita sama-sama lapar atau otak kita punya interaksi yang berlebih sehingga badan dan mulut kita udah pintar  bergelagak melas didepan Bu Nur sehingga kita dipersilahkan untuk mengambil makanan yang tersedia.
Awalnya kita jaim-jaim karena kita baru aja beli pentol. Sehingga perut udah lumayan keisi. Dengan gue ambil bubur ketan andin ngambil rujak dan prita ngambil lontong sayur. Gue pikir itu semua bakal bikin kita kenyang. Tapi ternyata di tengah perjalann.
“Ta aku sik lesu. We lang jupuk lontong neh. Prita wes. Gentian.” Kata andin memerintah
“Oke” dengan siap gue langsung nyari piring dan ambil lontong. Tapi ternyata sayur yang gue ambil salah. Sehingga “he we kok njupuk sayur sing iki. Jupuk sing kikil. Prit lang jupuk” kata Andin
“Kok aku neh?!” segah prita
“Uwes to. We ki adik sing paling ngguri. Ndang jupuk. Lontonge sing akeh” jawab andin
Saat prit udah dateng dia membawa banyak banget lontong sayur dalam dekapan piring.
“Prit lang jupuk bubur neh” kataku
“Kok aku neh?!”
“Aku kan wes” jawabku
“gentian we. Ngko ben neh”
Akhirnya si Prita mulai mengambil bubur. Sedangakan gue dan andin sibuk dengan lontong kita. Sedangkan prita yang gak kita sangka ngabisin tuh bubur yang baru aja dia ambil. Sontak gue sama andin ngomel sama dia.
“Heh we ruh gak sih? kene serasa dadi 3 orang idiot nk pojokan. Mangan nggragas. Pengingisan pisan”
“lha we ngerti gak mau mbak e ngomong opo pas aku njupuk lontong neh? ‘Koncone liyane kon jupuk dewe to mbak’ “
“we krungu gak opo sing diomongo mas-mas catering nk mburine kene mau ‘Cah kok nggragas’”
Gue dan temen-temen gue seakan jadi orang primitive. Bener-bener kalau gue ada dalam sudut pandang bu nur  gue bakal nyeret 3 idiot ini keluar sekolah.
Hari itu bener-bener menjadi hari paling melelahkan sekaligus recommended buat dicoba. Karena kita bisa belajar gimana rasanya jadi kuli habis itu dibayar. Meskipun muka-muka seperti kita memang cocok menjadi seorang kuli. Jadi gue saranin kalo ada acara disekolah lo dan itu memungkinkan ada catering di sekolah, jangan pulang dulu. Pulang paling belakang. Dan deketin guru-guru. Meskipun lo nanti akhirnya disuruh buat jadi kuli. Tapi, jadi orang primitive itu gak rugi.


Komentar