Arti kata "Telo Getjol"

Kamis 30 Juni 2016
Haii!!!
                Banyak banget yang tanya sama gue “Telo Getjol apaan sih?” “Telo getjol itu makanan?” “Getjol itu apaan?”
                Emak, bapak, adek dan teman teman sepermainan gue tanya gitu sama gue. dan gue hanya bisa jawab “Yah itu nama pena gue” iya kalo itu orang dewasa ngerti maksudnya nah adek gue?
                Atau gue selalu jawab dengan “Ya gue suka aja sama nama “getjol” jarang ada yang pake juga”
                Selama ini emang gue hanya transparan aja sama tuh nama. Satu emang itu nama unik. Jarang orang tau. Itu yang bikin gue suka nama GETJOL.
                Namun maksudnya gini. Dari nama “Telo” dulu.

                TELO. Dalam bahasa jawa telo artinya gak ngerti. Bloon lebih tepatnya. Kenapa? Karena banyak temen2 gue yang bilang gue itu lola. Jarang banget nyantolnya kalo diajak bicara. Jujur nih, dalam keseharian gue selalu merasa gue punya dunia sendiri diantara mereka dengan dunianya. Meski kita terlihat bareng2, tapi saat itu gue hanya mandang mereka dengan tatapan kosong. Pikiran gue udah ga nyatu sama pikiran mereka. Asli gue sadar kalo gue bener2 aneh. Gue bisa langsung nyantol banget-curcol banget sama orang yang pemikiran sama. Yang kadar pasokan gizi dalam otaknya sama. Jadi gue jarang bisa langsung nyambung dengan orang lainya karena itu.
                GETJOL. Itu gue ambil dari salah satu temen gue yang dia nyiptain jingle nya sendiri. yah kalian tahulah gimana nakalnya anak laki2 kalo udah ejek2 orang tua. Gak ada habis-habisnya. Meskipun emang dilarang, tapi kita semua merasa itu menyenangkan dan gak termasuk hal yang buruk. Waktu itu, kalian tahu lagu “Abang tukang bakso mari2 sini aku mau beli.”
                Nahh itu sama temen gue diganti “Bakso GETJOL baksonya mbak lestari” nah LESTARI itu dari namanya ibu temen gue. GETJOL sendiri bisa kayak lingkaran yang gak sempurna. Yang gak bener2 lingkaran. Nah bakso kan gak bulet2 amat, buletnya kan gak sempurna tuh. Maka dari itu lahir kata2 GETJOL.
                Gue sendiri ngartiin GETJOL itu sebagai hidup. Kita hidup didunia ini semuanya pasti gak aka nada yang sempurna. Dalam bidang apapun. Karena kesempurnaan itu milik Tuhan Yang Maha Esa. Tapi dalam hidup biasanya kita harus sempurna. Bagi gue bukan itu. Seapapun itu gak akan bisa sempurna. Gue ibaratin lingkaran itu hidup gue. dihidup gue lingkaran itu gak akan pernah bisa sempurna. Gak akan bisa bullet pol. Pasti ada GETJOLnya. Begitupun hidup. Hidup gue gak aka nada yang sempurna, pasti ada kejelekan, kesalahan, dosa, dsb. Kalo orang bilang kita harus menutupi ketidaksempurnaan itu, kalo gue sebaiknya kita harus menyukuri kesempurnaan itu. Bukanya harus nambal. Dalam hidup kita dituntut untuk selalu bersyukur kan? Nah itu. Anggep aja hidup kita lingkaran getjol. Lo mau nambal tuh lingkaran biar bisa kelihatan sempurna. Meski udah sempurna, tambalan tadi akan tetep kelihatan kan?
                Tapi, sebaiknya kita syukuri yang ada. Kita kembangin tuh lingkaran getjol kita dengan bagian lingkaran getjol yang masih ada. Apa yang ada dalam diri lo itu syukuri, kembangin. Meski nantinya lo ga akan sempurna, setidaknya lingkaran lo lebih baik dr sebelumnya.
                Jangan tambal lo punya lingkaran. Anggep lingkaran getjol itu diri lo, dan tambalan itu orang lain. Ada orang lain dalam diri lo. Itu jelek banget. jadi diri lo sendiri. dengan beberapa motivasi dr orang lain. Jadiin orang lain sebagai motivasi lo. Bukan jiplakan. Dr orang lain lo bisa ambil yg baik2 dr dia dan lo terrapin DENGAN GAYA LO SENDIRI. Gue. gue nulis blog ini ide dari Bang Dika. Tapi gue nulis dengan gay ague sendiri. gue termotivasi buat bikin blog untuk share. Meski viewers nya sedikit. Tapi gue seneng dengan apa yang gue lakuin.
                Jadi bauat kalian yang tanya ke gue “Apaan sih Telo Getjol itu?” Gan, itu bukan makanan, minuman, jin, makhluk halus, benda diam. Itu sebuah semangat bagi diri gue. kalian bisa buat filosofi dr apapun. Untuk nyemangati kalian. Benda atau kata apapun itu bisa jadi filosofi bagi kalian. Tentu saja benda itu gak selamanya memiliki filosofi positif.

                Telo Getjol missal. Kalo orang jawab “Orang kok mau dibilang Telo” siapa sih yang mau dibilang telo. Omongan kan doa. Siapa sih yang mau lola, bloon? Tapi gue tekanin lagi. Ambil positifnya aja. Biar lo menjadi manusia yang lebih baik dr sebelumnya. 

Komentar

  1. Ohh. Ternyata seperti ini :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. huuh. mohon dimaklumi bila tulisan tidak sesuai EYD, dsb. wkwwk

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar