Jawaban Mitos

Kamis 14 Januari 2015
                Hari ini, ada beberapa kejadian yang gue alamin. Entah itu sedih atau seneng. Tapi karena hidup gue, gue atur hanya untuk kebahagiaan dunia akhirat, maka hal yang akan gue ceritain ini hal yang seneng-seneng aja.
              
Pagi ini, gue dan temen satu kelas gue punya tugas. Yah, setelah 2 minggu liburan tahun baru sama libur akhir semester akhirnya kita akan selalu kencan kembali sama tugas-tugas.
                Pagi ini jadwalnya presentasi bahasa Indonesia. Dan topic yang bakal dibahas adalah teks LHO(Laporan Hasil Observasi) jadi kita dibagi beberapa kelompok. Elo pasti tau, setiap kelompok memiliki ciri-ciri masing masing. Dan kelompok temen gue membahas tentang “Goa Ngerong” yang ada di Rengel, Tuban. (bacanya biasa aja “Rengel” gak usah sok-sok an “Renjel”)
                Goa ini juga udah sebagai tempat parawisata. Namun, didalamnya juga masih terselip beberpa mitos yang kuat. Yang udah menjadi akar kepercayaan orang-orang disekitranya. Nah, salah satu mitosnya itu “Terdapat ikan yang berwarna merah. Dan apabila ada orang yang makan ikan warna merah itu dia bakalan mati” sebenarnya ikan yang berwarna merah itu sih, gak semuanya merah. Hanya beberapa. Dan juga, disitu ikannya gak boleh ada yang makan. Soalnya nanti katanya bisa mati. Dan juga disitu gak boleh ada yang ngambil ikannya. Peraturannya tetap sama. Barang siapa yang berani ngambil ikan itu bahkan sampe mati, dia juga ikutan mati.
                Setelah temen gue presentasiin, ada sesi tanya jawab. Ada 2 orang penanya. Pertanyaan pertama yang anak bekicot aja tau jawabannya. “Apakah benar ikannya sehabis dimakan itu mati?”
                Penting gak sih tanya kayak gini?
                Ya jelas mati lah telo. Masak lo mau makan ikan idup??
                Jadi maksudnya temen gue yang telo itu, “apakah orang yang setelah makan ikan itu tadi bakal mati?”
                Pertanyaan kedua. Ini adalah pertnyaan yang menurut gue jenus, diantara kelas gue yang semua anggota kelasnya telo semua. Termasuk gue. Dan akhirnya dengan kemunculan sinar cahaya rembulan, ada sebuah otak bekerja dengan benar disana.
                “itu kana da mitos bahwa ada ikan yang berwarna merah. Nah menurut mitos ikan yang berwarna merah itu kan artinya dia penjaga goa tersebut. Nah, sedangkan dalam hal ilmu pengetahuan itu bagaimana?”
                Kalo gue jadi temen gue. Gue bakal “Pura-pura mati”
                Temen gue namanya Nabawi. Dengan penuh kepercayaan niat. Dia jawab.  
                “Ya, itu kan sudah ada peraturannya. Siapa yang mengambil ikan disitu bakal mati. Jadi mungkin belum ada peneliti yang mengambil karena mungkin mereka takut akan mitos itu bakal terjadi”
                Jenius.
                Sontak semua temen gue tertawa. Gak pernah terfikir oleh gue bakal jawab kayak gitu.

                

Komentar